Cari Cara Membuat Nama Range Dinamis dengan Rumus OFFSET (Dinamic Name Range) - Terbaru 2018

Selamat datang di Membuat Master Data pada Microsoft Excel Excel-Id.com | Berjumpa lagi dengan saya di artikel bagaimana cara membuat nama range secara dinamis (non statis) pada Ms. Excel. Kenapa kita buat nama range secara dinamis, lalu bagaimana cara membuatnya?

Artikel excel kali ini bertujuan bagi mereka yang belum mengetahui fungsi dari membuat nama range secara dinamis. Secara standar nama range (name range) berupa alamat cell yang lebih dari satu dan Anda bisa membuatnya dengan mudah yaitu dengan cara blok range yang akan dinamai kemudian langsung ketikkan pada Name Box maka nama range akan berubah yang tadinya berupa format rici diganti dengan nama yang sesuai dengan keinginan kita.

Membuat nama range dinamis bertujuan agar data yang kita kelompokan dengan sebuah nama range akan mengikuti perubahan kondisi ketika Anda menambahkan data pada alamat range dinamis yang telah dibuat. Hal ini tentunya jika Anda menggunakan nama range yang statis akan merepotkan ketika ada penambahan data dibaris berikutnya.

Baca:
Cara Membuat Nama Range (Name Range) Statis dan Bagaimana Cara Menggantinya

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara membuat nama range secara umum dan sering digunakan pada link diatas berarti Anda telah mengetahui bagaimana cara membuat range. Membuat nama range dinamis banyak dipakai ketika Anda akan membuat sebuah aplikasi berbasis VBA apalagi aplikasi tersebut menggunakan UserForm sebagai interface untuk usernya.

Cara Membuat Name Range (Nama Range) dinamis.

Oke, lebih jelasnya Anda harus memperhatikan contoh data yang sudah menggunakan nama range dinamis, berikut ini adalah gambaran cara membuat nama range dinamis beserta contohnya


Ketika saya mengetikan rumus =SUM(DaftarHarga) yang merupakan nama range dari range D3:D7 dan saya buat nama range dinamis tersebut dengan menggunakan rumus fungsi Offset.

Langkah pertama silakan klik menu FORMULA kemudian klik Tab Ribbon MANAGER maka akan muncul kotak Name Manager kemudian silakan Anda klik NEW. Pada kotak NewName Anda buat nama "DaftarHarga" kemudian di kolom RefersTo Anda ketikkan rumus

=OFFSET(Sheet1!$D$3,0,0,(COUNTA(Sheet1!$D:$D)-1),1) Kemudian silakan klik OK untuk mengakhiri prosesnya. Pada data tabel diatas terdapat 5 nama barang dan 5 daftar nama harga kemudian pada cell G2  saya akan menghitung jumlah total harga barang maka saya tuliskan rumus =SUM(HargaBarang) apabila Anda tekan enter hasilnya adalah 3.300.000

Untuk menguji apakah nama range dinamis atau tidak silakan tambahkan dengan daftar nama barang dibawahnya berikut harganya. Misalnya saya tambahkan 2 daftar nama barang


Secara otomatis Total Harga akan berubah menjadi 3.950.000

Nah, itulah fungsi dari membuat name range secara dinamis, coba Anda bandingkan dengan nama range secara statis jika anda akan menambahkan data kembali maka otomatis Anda harus mengganti nama range kembali sesuai dengan data yang terpilih misalnya tadinya adalah range D3:D7 kemudian karena adanya penambahan data maka Anda harus merubah kembali alamatnya menjadi D3:D9.

Simak Kembali:
Cara Mengganti Nama Range pada Office Excel 2010 var obj0=document.getElementById("post17699423617017595029"); var obj1=document.getElementById("post27699423617017595029"); var s=obj1.innerHTML; var t=s.substr(0,s.length/2); var r=t.lastIndexOf("
"); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);} Sekian terimkasih.

Comments

Popular posts from this blog

Cari Contoh Format Buku Mutasi Penduduk Berbasis Excel - Terbaru 2018

Cari Contoh Format Buku Induk Penduduk dengan Ms. Excel - Terbaru 2018

Cari Cara Menampilkan Jam Berdetak Setiap Detik di Excel - Terbaru 2018