Cari Aplikasi Penjualan Barang BUMDES berbasis Excel - Terbaru 2018

Selamat datang di Membuat Master Data pada Microsoft Excel Hai sahabat Excel-ID, lama tak membuat aplikasi berbasis VBA dengan excel, di blog ini saya akan mencoba membuat sebuah aplikasi untuk penjualan yang diperuntukan dan membantu mempermudah membuat laporan penjualan barang pada organisasi BUMDES. (Badan Usaha Milik Desa). Saat ini desa memang diharuskan memiliki badan usaha dengan tujuan desa tersebut bisa mandiri tanpa adanya ketergantungan bantuan dana dari pemerintah. Jika Bumdes ini sukses di salah satu desa maka desa bisa menjadi mandiri dan Bumdes juga dapat mengurangi pengangguran di desa yang bersangkutan.

Aplikasi sederhana ini sepertinya tidaklah sulit dalam pengoperasiannya karena masih tetap menggunakan Excel sebagai basis data pengolahannya. Pada aplikasi ini di desain hanya unutk merekap penjualan harian saja tanpa adanya penjualan per item dan mudah-mudahan kedepan akan saya kembangkan jika kebetulan banyak yang minat.

Desain aplikasi penjualan barang di BUMDES ini akan merekap secara otomatis setiap bulan yang datanya diambil dari laporan harian omzet penjualan barang yang ada di Bumdes tersebut. Setelah rekap harian penjualan maka secara otomatis pengguna aplikasi ini akan memperoleh informasi rekap penjualan akhir tahun selama 12 bulan. Jadi Anda sebagai pengelola Bumdes baik sebagai jabatan sekretaris maupun bendahara bisa mengetahui yang nantinya akan dijadikan informasi untuk pengambilan keputusan oleh ketua Bmdes atau Direktur Bumdes.

Dengan administrasi yang cukup informatif dan mudah maka organisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) akan mampu memberikan kontribusi terhadap pemerintah desa dalam hal ekonomi desa di sektor bisnis dan pada akhirnya juga Bumdes akan mampu menopang perekonomian masyarakat desa setempat.

Bagaimana desain Interface Aplikasi Penjualan Barang BUMDES tersebut?

Seperti yang telah disinggung pada kalimat diatas bahwa desain aplikasi penjualan barang di Bumdes ini tidaklah sehebat atau sekeren aplikasi yang dibuat oleh para programmer profesional, namun lihatlah screen shoot dari aplikasi ini sangat sederhana dan tidak ribet. Oke langsung saja berikut tampilannya


Yaa, itulah kira-kira tampilannya hanya dengan form login yang merupakan form untuk tampilan pertama kali masuk aplikasi jadi Anda sebagai user harus memiliki password untuk bisa menggunakan palikasi ini jika tidak maka aplikasi akan keluar dan tidak bisa digunakan, namun tenang saja saya sudah mensetting secara default password dari aplikasi ini adalah "admin".

Anda bisa mencetak hasil laporan penjualan tiap bulan dan Anda juga tidak perlu untuk merekap setiap tahunnya karena aplikasi ini sudah dirancang secara otomatis. Mohon maaf aplikasi penjualan barang Bumdes ini belum menggunakan form secara full dan kedepan mudah-mudahan ada pengembangan lebih kengkap lagi untuk kebutuhan desa dalam pengelolaan bisnis di desa.

Demikian semoga bermanfaat.


var obj0=document.getElementById("post11286482875086791729"); var obj1=document.getElementById("post21286482875086791729"); var s=obj1.innerHTML; var t=s.substr(0,s.length/2); var r=t.lastIndexOf("
"); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);} Sekian terimkasih.

Comments

Popular posts from this blog

Cari Contoh Format Buku Mutasi Penduduk Berbasis Excel - Terbaru 2018

Cari Contoh Format Buku Induk Penduduk dengan Ms. Excel - Terbaru 2018

Cari Cara Menampilkan Jam Berdetak Setiap Detik di Excel - Terbaru 2018