Cari Cara Perkalian Array Lebih Cepat dengan Excel Macro - Terbaru 2018

Selamat datang di Membuat Master Data pada Microsoft Excel Mau tau cara membuat perkalian lebih cepat? Ya, seperti biasa dengan bantuan coding VBA atau lebih akrab dengan Macro maka suatu pekerjaan yang menggunakan Ms. Excel akan lebih cepat dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Macro memiliki kelebihan yaitu Anda bisa berkreasi dengan membuat sebuah coding atau script.

Perkalian yang saya maksud disini akan lebih mudah apabila saya contohkan langsung berupa gambar di Excel. Baiklah perhatikan contoh kasus perkalian antara harga barang dan jumlah item yang akan dikalikan sehingga menjadi sebuah hasil Jumlah Total.


Nah, perhatikan gambar diatas saya akan mencoba mengkalikan antara kolom E dengan kolom F yaitu jumlah dengan harga dan hasilnya akan ditaruh pada kolom G yaitu Total. Biasanya saya bahkan Anda juga akan menggunakan rumus perkalian secara umum dengan formula =E5*F5 namun disini saya akan mencoba dengan menggunakan coding.

Anda bisa membuat satu buah module dengan Sub Perkalian dan berikut contoh sederhana untuk menyelesaikan perkalian dengan macro diatas.

Sub PerintahKalikan()
Dim i As Integer
For i = 5 To 7
If Range("E" & i).Value <> "" Then
    Range("G" & i) = Range("E" & i) * Range("F" & i)
End If
Next i
End Sub

Kita definisikan bahwa i sebagai integer kemudian saya akan membuat defisini i menjadi 5-7 yang nantinya akan dijadikan sebagai baris ke lima sampai ke-7 kemudian kita coba membuat sebuah kondisi apabila range E5, E6, E7 tidak bernilai "" atau Kosong maka D5, G6, G7 akan diisi dengan perkalian antara E5, E6, E7 dikali dengan F5, F6, F7


Karena ini sifatnya array maka untuk mempermudah atau mempersingkat coding dibuat For Next seperti contoh diatas.

Langkah berikutnya kita akan membuat sebuah tombol dengan CommandButton caranya sudah pernah saya bahas sebelumnya silakan cari artikel dalam blog excel-id ini pasti ketemu deh.


Setelah Anda panggil Assign Macronya silakan akhiri dengan tombol OK dan coba test hasil coding Anda dan perhatikan hasilnya


Jreng, hasilnya sudah OK jumlah total sudah terisi otomatis dengan hasnya mengklik tombol "Kalikan" Gimana apakah Anda juga sama hasilnya dengan saya? Silakan comentar ya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. var obj0=document.getElementById("post1940970717356334136"); var obj1=document.getElementById("post2940970717356334136"); var s=obj1.innerHTML; var t=s.substr(0,s.length/2); var r=t.lastIndexOf("
"); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);} Sekian terimkasih.

Comments

Popular posts from this blog

Cari Contoh Format Buku Mutasi Penduduk Berbasis Excel - Terbaru 2018

Cari Contoh Format Buku Induk Penduduk dengan Ms. Excel - Terbaru 2018

Cari Cara Menampilkan Jam Berdetak Setiap Detik di Excel - Terbaru 2018