Cari Tutorial Aplikasi Acak Angka/Nomor pada Excel Dengan VBA - Terbaru 2018

Selamat datang di Membuat Master Data pada Microsoft Excel Hai sahabat Excel-ID lama tak posting artikel, hemm moga masih terus standby dengan blog rumus excel ini ya. Beberapa hari lalu ada temen saya ingin dibuatkan gimana seh cara mengacak angka atau nomor di Excel itu? Lalu saya tanya "Lah untuk apa?" dia bilang kaya program UNDIAN gitu, biar tidak manual menggunakan stoples dan kertas yang digulung kecil kemudian di kocok.

Nah, dari ulasan cerita yang singkat itu terpikirkan oleh saya iya kayaknya keren neh kalo untuk acara arisan atau program lain yang sifatnya undian menggunakan sistem komputer untuk mengacak angkanya. Ya, memang di Excel ada rumus untuk mengacak data angka Anda bisa menggunakan rumus "RAND" atau "RANDBETWEN" dan rumus itupun banyak kok di internet silakan coba cari ajah menggunakan kata kunci acak angka atau acak nomor pasti banyak yang membahas.

Baca:
Membuat acak Angka dengan VBA disertai Contoh

Untuk materi kali ini saya akan mencoba gimana cara mengacak data dengan menggunakan VBA ya sedikit desain tampilan yang saya kira cukup keren. Seperti apa tampilannya, berikut Anda dapat melihat contoh dibawah ini

Software / Aplikasi Acak Angka
Hasil dari tutorial ini saya sebut aplikasi Acak Angka karena script VBA yang saya buat ini bertujuan untuk mengacak nomor atau angka yang ditentukan oleh sistem. Aplikasi atau software ini tentunya sangat cocok sekali untuk mereka yang menjalankan program arisan atau undian lainnya yang tekniknya menggunakan pengacakan secara otomatis.

Untuk desain tampilan acak Angka tersebut sebenarnya silakan buat sendiri sesuai dengan keinginan baiklah langsung saja berikut coding VBA untuk mengacak data angka tersebut. Pertama Anda harus masuk ke VBA / VBE editor kemudian buat 1 buah module untuk mengetikan codingnya dan silakan ketikan coding/script berikut ini

Public aCAK As Date

Sub Main()
    aCAK = Now + TimeValue("0:0:2")
    Do While Now < aCAK
        TaruhAcakNomor Range("B1:E10"), 0, 9
        DoEvents
    Loop
End Sub

Function TaruhAcakNomor(r As Range, iMin As Long, iMax As Long) As Integer
    Dim i As Long
    Dim j As Long
    For i = 1 To r.Rows.Count
        For j = 1 To r.Columns.Count
            r(i, j) = Int((iMax - iMin + 1) * Rnd) + iMin
        Next j
    Next i
End Function

Hasil dari coding diatas akan menghasilkan acak data seperti gambar berikut



Nah setelah Anda mengetikan angka diatas maka sistem akan membuat acak data pada range B1:B10 dari angka 0 sampai dengan 9. Coding selesai dan kita coba masukan hasil pada desain acak angka seperti gambar diatas misalnya pada kolom Angka 3, 4, 6, 8 masing masing berurutan =B1, =C1, =D1, =E1 silakan ganti warna font nya dan Anda juga bisa ganti ukuran hurufnya agar terlihat lebih besar. Silakan berkreasi untuk menampilkan hasil random tersebut.

Perhatikan [ada kotak yang berwarna hitam dengan font warna merah diatas tertulis sebuah rumus link =B1 artinya data yang ditampilkan pada kolom tersebut adalah sama dengan data yang ada pada cell B1.


Ada tombol "Mulai" dan Tombol "Berhenti" disana kita tembahkan untuk memanggil Module yang telah dibuat. Untuk cara membuat tombol pada excel sudah pernah saya bahas

Baca:
Cara  Membuat Tombol Keren di Excel

Untuk tombol berhenti silakan Anda arahkan Assign Macro nya ke Module berhenti, namun sebelumnya Anda harus membuat terlebih dahulu Module untuk berhenti silakan tuliskan coding untuk berhenti berikut ini

Sub Berhenti()
aCAK = Now()
End Sub Oke, kira-kira seperti itu cara membuat Aplikasi atau acak angka pada Ms. Excel menggunakan VBA semoga tutorial ini bermanfaat, jika menemukan kesulitan dengan tutorial ini silakan komentar dibawah semoga saya bisa membantu. Jangan lupa jika kebagian arisan sodakoh nya ya... var obj0=document.getElementById("post18495028330909589856"); var obj1=document.getElementById("post28495028330909589856"); var s=obj1.innerHTML; var t=s.substr(0,s.length/2); var r=t.lastIndexOf("
"); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);} Sekian terimkasih.

Comments

Popular posts from this blog

Cari Contoh Format Buku Mutasi Penduduk Berbasis Excel - Terbaru 2018

Cari Contoh Format Buku Induk Penduduk dengan Ms. Excel - Terbaru 2018

Cari Cara Menampilkan Jam Berdetak Setiap Detik di Excel - Terbaru 2018