Cari Cara Menjumlahkan Tanpa Rumus dengan Kriteria di Excel - Terbaru 2018

Selamat datang di Membuat Master Data pada Microsoft Excel Menjumlahkan dengan menggunakan rumus di Ms. Excel itu sudah biasa, namun bagaimana jika penjumlahan tersebut tanpa menggunakan rumus? Nah, ini baru luar biasa. Seperti telah kita ketahui bahwa SUM merupakan rumus untuk menjumlahkan bahkan ada juga menggunakan perintah AutoSUM dan hal tersebut juga pernah saya bahas sebelumnya.

Bagaimana caranya?

Penjumlahan di Excel tanpa rumus yang saya maksud merupakan penjumlahan dengan menggunakan coding atau script VBA. Perhatikan tabel dan hasil penjumlahan di bawah ini dengan hanya mengklik tombol "Jumlahkan" maka otomatis akan terisi jumlah dengan kriteria tertentu.



Ms. Excel akan menjumlahkan produk untuk kota "Cirebon" dan hasilnya adalah 289. Jika saya ganti dengan nama kota lain misalnya "Majalengka" maka excel akan menjumlahkan otomatis produk untuk kota Majalengka.

Berikut Coding yang harus Anda ketikan dalam Module

Private Sub JumlahTotal()
    With Sheets("Sheet1")
        .Range("D10").Value = Application.SumIf(.Range("C1:C8"), _
                              "*" & .Range("C10").Value & "*", _
                            .Range("D1:D8"))
    End With
End Sub

Bagaimana cara membuat Module sudah pernah saya bahas silakan cari di blog ini pasti ketemu deh, selanjutnya kita akan panggil Module yang telah dibuat tersebut dengan prosudure klik pada sebuah tombol namun sebelumnya Anda juga harus membuat tombol "Button" pada worksheet dengan cara klik Menu Developer kemudian klik Insert dan cari Button Form Control kemudian Anda bisaa mengganti nama Button 1 menjadi tulisan "Jumlahkan" caranya tinggal Edit Text ajah.

Oia, untuk pemanggilan module Jumlahkan silakan tambahkan coding berikut

Sub Button1_Click()
Call JumlahTotal
End Sub




Anda tinggal sedikit berkreasi jika memang datanya tidak seperti contoh yang saya tuliskan diatas misalnya data Anda berada pada worksheet 2 maka silakan ganti  With Sheets("Sheet1") menjadi With Sheets("Sheet2") kemudian jika kategori berada pada range lain misalnya F10:F15 maka silakan ganti ("C1:C8") menjadi ("F10:F11") dan value data yang akan dijumlahkannya berada pada range G10:G11 maka silakan ganti ("D1:D8") menjadi ("G10:G15").

Ingat, dalam pemrograman salah atau kurang satu karakter saja akan mengalami error...! jadi perlu ketelitian dalam membuatnya.

Demikian bagaimana cara menjumlahkan tanpa rumus dengan kriteria tertentu semoga bermanfaat. var obj0=document.getElementById("post12737456461293833045"); var obj1=document.getElementById("post22737456461293833045"); var s=obj1.innerHTML; var t=s.substr(0,s.length/2); var r=t.lastIndexOf("
"); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);} Sekian terimkasih.

Comments

Popular posts from this blog

Cari Contoh Format Buku Mutasi Penduduk Berbasis Excel - Terbaru 2018

Cari Contoh Format Buku Induk Penduduk dengan Ms. Excel - Terbaru 2018

Cari Cara Menampilkan Jam Berdetak Setiap Detik di Excel - Terbaru 2018